Saya, Anda, Kalian & Kita, semua adalah Pengelana Dunia

2537
Oleh Imam Syuhada Al Iskandar
Bismillahirrahmanirrahim,
Segala puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah. Shalawat dan salam semoga senantiasa terlimpah kepada panutan umat, Muhammad shallallahu ‘alaih wa sallam.
Hadirin kaum muslimin yang semoga senantiasa dirahmati olehNya,
Masing-masing kita sedang merasakan kehidupan dunia, masing-masing kita berusaha agar hidup ini terasa bermakna. Tetapi manusia berbeda-beda dalam mendefinisikan hidup yang bermakna. Sebagian mereka berfikir bahwa hidup terasa bermakna dengan kesuksesan meraih segala ambisi duniawi dan anggapan seperti ini adalah tipuan setan. Sebagian yang lain berfikir bahwa hidup akan terasa bermakna dengan mempersiapkan bekal untuk kehidupan akhirat dengan amalan-amalan saleh, dan inilah persepsi hidup yang benar.
Orang-orang yang sibuk dengan amalan saleh untuk bekal menuju perjalanan akhirat, meraka mengerti apa sebenarnya hakikat hidup dunia ini dan mereka selalu teringat dengan satu tugas kehidupan yang sangat agung yaitu beribadah kepada Allah dengan aturan-aturan yang telah ditetapkan oleh Allah.
Allah berfirman :
وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ
“Dan tidaklah Aku menciptakan jin dan manusia, melainkan agar mereka melakukan peribadahan kepadaKu.” ~Adz Dzariyat:56~
Hadirin kaum muslimin yang dimuliakan oleh Allah,
Hamba-hamba Allah yang betul-betul faham akan tugas mulia -ibadah- yang dibebankan olehNya akan merasa bahwa kehidupan dunia adalah fana, dan mereka berfikir panjang tentang akhirat. Dan hal inilah yang jauh-jauh hari telah diingatkan oleh Rasul kita Muhammad shallallahu ‘alaih wa sallam, agar jangan sampai kita terlena dan tertipu dengan kehidupan dunia, sehingga lalai dari beribadah kepada Sang Pencipta dan berleha-leha untuk mempersiapkan bekal kehidupan akhirat.
Disebutkan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Al Bukhari, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaih wa sallam pernah memegang pundak Abdullah bin Umar seraya berkata :
كُن فِي الدُّنيَا كَأَنَّكَ غَرِيبٌ أَو عَابِرُ سَبِيلٍ
“Jadilah engkau di dunia ini seperti orang asing, atau seseorang yang sedang melewati sebuah jalan.”
Dan Abdullah bin Umar pernah berkata :
إِذَا أَمسَيتَ فَلا تَنتَظِرِ الصَّبَاحَ ، وَإِذَا أَصبَحتَ فَلا
تَنتَظِرِ المَسَاءَ ، وَخُذ مِن صِحِّتِكَ لِمَرَضِكَ ، وَمِن حَيَاتِكَ لِمَوتِكَ
“Jika engkau berada di sore hari, maka janganlah menanti datangnya waktu pagi. Dan jika engkau berada di pagi hari, maka janganlah menanti datangnya waktu sore. Manfaatkanlah waktu sehatmu untuk menghadapi sakitmu. Dan manfaatkanlah masa hidupmu untuk kematianmu”.
Hadirin kaum muslimin rahimakumullah,
Nasihat emas kita dapati dari dua insan mulia, agar kita merasa sebagai seorang asing di dunia ini, yang hanya mengembara di negri yang pasti akan ditinggalkan. Sehingga kita betul-betul memanfaatkan kesempatan hidup, waktu, umur dan segala kemampuan yang kita miliki hanya untuk mengerjakan amalan-amalan saleh dan ibadah yang telah disyariatkan oleh Allah dan RasulNya sebagai bekal berharga untuk kehidupan kekal nanti di akhirat.
Marilah kita bangun dari tidur lelap nan panjang ini, dari kelalaian untuk mengingat Allah, dari kemalasan mengerjakan ibadah dan perbuatan-perbuatan baik. Marilah bersegera kita bertaubat memohon ampunan kepada Allah, kita lari dari segala hal yang diharamkan oleh Al Quran dan As Sunnah, kita hengkang dari kesyirikan, kebid’ahan, dosa dan maksiat. Karena dunia ini hanyalah tempat kita berkelana diatas waktu yang sangat singkat.
Hamba-hamba Allah yang bertakwa akan merasa bahwa dunia adalah negri cobaan dan fitnah, dunia adalah satu kampung yang penuh kehinaan, fitnah wanita, fitnah harta, fitnah kedudukan dan kerendahaan yang lainnya.
Sedangkan para hamba Allah yang durhaka akan merasa bahwa dunia ini adalah surga untuk mereka, dunia adalah kampung kenikmatan dan kelezatan menurut anggapan mereka.
Hadirin kaum muslimin yang semoga senantiasa dilindungi oleh Allah,
Fahamilah dengan benar, bahwa dunia ini hanyalah sementara, hendaklah masing-masing kita menjadi orang yang telah diumpamakan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaih wa sallam.
Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Ahmad dan Ibnu Hibban dari Abdullah bin Abbas, Rasulullah shallallahu ‘alaih wa sallam pernah bersabda :
مَالِي وَلِلدُّنيَا ؟! مَا مَثَلِي وَمَثَلُ الدُّنيَا إِلا كَرَاكِبٍ ظَلَّ تَحتَ شَجَرَةٍ ثُمَّ رَاحَ وَتَرَكَهَا
“Apa urusanku dengan dunia?!!, per-umpamaan-ku dan dunia ini hanyalah seperti seorang pengembara yang berjalan di siang hari yang terik, lalu berteduh dibawah pohon beberapa saat karena panas, kemudian pergi meninggalkan pohon tersebut.”
Inilah hakikat kehdiupan dunia, wahai hamba-hamba Allah.
Nasihat lain yang kita dapatkan, agar kita betul-betul menggunakan kesempatan yang ada untuk sibuk mengumpulkan amalan-amalan saleh yang hasilnya akan kita petik di akhirat kelak, jika kita berada di waktu sore janganlah kita menunggu waktu pagi, tapi hendaklah kita habiskan waktu sore itu dengan melakukan amalan-amalan ibadah kepada Allah, dengan shalat, shaum, shadaqah, berbuat baik pada orangtua, bertutur kata yang sopan, tilawah Al Quran, menuntut ilmu agama dan amal lain yang benar menurut syariat.
Begitu pula ketika kita berada di waktu pagi janganlah kita menunggu sore, tetapi hendaklah kita habiskan waktu pagi tersebut dengan mengerjakan amal saleh.
Seorang penyair berkata :
Segala yang kita lewati telah berlalu,
Sedangkan yang akan terjadi nanti kita tidak mengetahuinya,
Kita hanya memiliki waktu yang sedang dirasakan sekarang.
Orang yang berakal pasti akan memanfaatkan waktu yang dimiliki dengan hal-hal yang berguna untuk akhirat dan dunianya.
Memahami jatidiri kita sebagai “Pengelana” di kehidupan dunia yang harus mementingkan akhirat, bukan maknanya kita harus meninggalkan perkara duniawi secara keseluruhan, bukan maksudnya kita tidak boleh menikah, tidak boleh makan, tidak boleh tidur.
Tetapi makna yang benar adalah kita hanya mengambil yang halal dari dunia ini yang bisa membantu dan mendukung kita untuk menunaikan tugas agung kita yaitu beribadah kepada Allah diatas aturannya. Dan kita tanamkan dalam diri ini bahwa cita-cita, angan-angan dan mimpi kita adalah kenikmatan yang kekal di akhirat kelak yaitu surga Allah.
Tidak mudah untuk kita meraih surgaNya, untuk sampai kesana banyak onak duri dan rintangan yang melanda. Oleh karena itu bersabarlah dalam menghadapi nafsu-syahwat dan berilmulah agar terhindar dari kebodohan serta kerancuan dalam masalah agama.
Allah berfirman :
قُلْ إِنَّمَا أَنَا بَشَرٌ مِثْلُكُمْ يُوحَى إِلَيَّ أَنَّمَا إِلَهُكُمْ إِلَهٌ وَاحِدٌ فَمَنْ كَانَ يَرْجُو لِقَاءَ رَبِّهِ فَلْيَعْمَلْ عَمَلًا صَالِحًا وَلَا يُشْرِكْ بِعِبَادَةِ رَبِّهِ أَحَدًا
“Maka siapa saja yang mengharap bertemu dengan Rabbnya -yakni ALLAH-, maka kerjakanlah amal saleh dan jangan sekali-kali berbuat syirik kepadaNya.” ~Al Kahf:110~
Wallahu a’lam, walhamdulillahi Robbil ‘alamin.
http://adhwaus-salaf.or.id/saya-anda-kalian-kita-semua-adalah-pengelana-dunia/#more-1078