Halaman

Selasa, 11 Maret 2014

BANGUNAN PARA SALAF

BANGUNAN PARA SALAF

Ditulis oleh: Abu Turob al-Jaawi
-semoga Alloh mengampuninya-
Jumadal Ula 1435 H
Markiz Ahlussunnah – Bengkulu Utara
Editor: ISNAD.Net
بسم الله الرحمن الرحيم
Dan diantara musibah yang telah merebak menimpa ummat ini, dan banyak diantara mereka meremehkan dan menggampangkan perkara dan sedikit sekali yang memperingatkan dan mengingatkannya yaitu masalah bermegah-megah, berlomba-lomba dan berbangga-bangga dalam bangunan dan membangun, padahal meninggikan bangunan sebagaimana kata Ibnu Rojab Al-Hambali rohimahullooh di kitab جامع العلوم والحكم  ketika menerangkan hadits Jibril :
” ولم يكن إطالة البنيان معروفا فى زمن النبي  ﷺ  وأصحابه – رضي الله عنهم – بل كان بنيانهم قصيرا بقدر الحاجة”
Tidaklah bermegah-megahan dalam bangunan dikenal pada zaman  Nabi ﷺ dan para sahabatnya rodhialloohu ‘anhum  salafussholih, bahkan bangunan mereka pendek sebatas kebutuhan.” Selesai.
Maka sungguh benar apa yang di katakan oleh Nabiﷺ  dalam sabdanya:
: ” “لا تقوم الساعة حتى يتطاول الناس فى البنيان ”
رواه البخاري من حديث أبي هريرة رضي الله عنه .
” Tidaklah akan terjadi Qiamat sampai manusia  saling berlomba-lomba dalam meninggikan bangunan.” HR Bukhori dari Dari Abi Huroiroh rodhialloohu ‘anhu .
Dan ungkapan Nabi ﷺ ini adalah dalam sisi hardikan dan celaan terhadap pelakunya, dikarenakan akhir zaman merupakan sejelek-jelek keadaan, sebagaimana hal itu dipahami dari kaidah-kaidah syari’yyah.
Dari sini kami ingin menguak sedikit perkara ini untuk dijadikan bahan renungan dan muhasabah pada kita semua, agar kita tidak terjerumus kepada apa yang di peringatkan oleh Nabi ﷺ dan kita berusaha semaksimal mungkin untuk mensuritauladani Rosulullooh ﷺ  dan salaf kita dalam segala aspek kehidupan kita.
والله الموفق إلى أقوم الطريق.
Dan kami memohon kepada Aloh agar menjadikan amal ini hanya untuk mengharap wajahNya dan sebagai simpanan kebaikan kami diakherat.
Filehashes
CRC32: 0A813BB0
MD5: 9D4DDEEE83A93D31C9618D7D5C8C1FAD
SHA-1: 8C032A10920611DBE54796B6BB79DED4B240E8EE

Tidak ada komentar:

Posting Komentar