Halaman

Selasa, 17 Desember 2013

Sebelum Mengemudi, Ketahui Jam Biologis Kita

'Sebelum Mengemudi, Ketahui Jam Biologis Kita'

Aditya Maulana - detikOto
Selasa, 17/12/2013 20:03 WIB

Jakarta -Terkadang masalah biologis atau kebiasaan yang ada didiri kita masing-masing suka dianggap hal yang kurang penting. Padahal, dalam mengemudikan kendaraan salah satu faktor yang harus diperhatikan adalah jam biologis.

Senior Instructor Indonesia Defensive Driving Center (IDDC) Andrianto Sugiarto Wiyono mengatakan yang dimaksud dengan jam biologis itu adalah suatu hal tentang kebiasaan seseorang.

"Jadi sebelum mengemudi kendaraan itu kita harus sudah tahu bagaimana jam biologis kita. Seperti jam berapa kita biasa mengantuk dan jam berapa kita bisa melek lebih lama, ketika Anda sudah mengenal jam biologis maka mengemudilah sesuai dengan jam biologis itu," katanya di Jakarta (17/12/2013).

Seperti halnya, masalah yang sering terjadi ketika mengemudi kendaraan di jalan tol itu adalah mengantuk atau Anda tidak biasa mengemudi di malam hari atau di siang hari.

"Intinya kita harus tahu kondisinya dulu, Misalnya saya ngantuk itu jam 10 malam, kalau begitu jangan Anda pergi disaat itu. Pada saat Anda melek kuatlah yang seharusnya mengemudi," katanya lagi.

Ditambahkannya, faktor utama kecelakaan itu sebenarnya dari manusianya itu sendiri. "Mau mobil sebagus apapun itu tidak ada urusan, yang jelas siapa yang ada dibelakang kemudinya," pungkasnya.


(ady/ddn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar