Halaman

Minggu, 28 Desember 2014


HUKUM SHOLAT DI KAINNYA ADA NAJIS

diposting oleh webadmin pada 27/12/2014

——————————
Fadhilatus syaikh Ibnu ‘Utsaimin rohimahulloh.
Pertanyaan:
Koresponden AAM dari Riyadh mengatakan: kepada yang berkepentingan di program “Nuur ‘alad Darb”:
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
Apabila seseorang sholat dalam di kainnya ada bagian yang najis apakah diulang sholatnya sekalipun lebih besar dari uang logam? Dan apakah dia boleh menunaikan sholatnya di waktu terlarang? Berikanlah faedah kepadaku semoga Alloh membalas Anda dengan kebaikan, dan Anda pun telah memberikan fatwa bagi kaum muslimin juga demikian.
Jawaban:
Apabila dia lupa mencucinya atau tidak tahu adanya najis kecuali setelah dia sholat maka tidak mengapa baginya, dan sholatnya shahih berdasarkan firman Alloh Ta’ala:
(رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا ۚ ) [سورة البقرة : 286]
” “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah.” [Qs. Al-Baqarah: 286]
☑ Inilah doa yang Alloh tunjukkan hamba-Nya kepadanya, Alloh Ta’ala berfirman: telah Aku lakukan.
Dan berdasarkan firman-Nya:
(وَلَيْسَ عَلَيْكُمْ جُنَاحٌ فِيمَا أَخْطَأْتُمْ بِهِ وَلَٰكِنْ مَا تَعَمَّدَتْ قُلُوبُكُمْ) [سورة اﻷحزاب : 5]
” Dan tidak ada dosa atasmu terhadap apa yang kamu khilaf padanya, tetapi (yang ada dosanya) apa yang disengaja oleh hatimu.” [Qs. Al-Ahzaab: 5]
Maka apabila seseorang sholat sedangkan di kainnya ada najis atau di tubuhnya ada najis dan dia tidak mengetahuinya kecuali setelah sholat atau dia mengetahuinya kemudian dia lupa untuk mencucinya sebelum sholat maka sholatnya shahih dan tidak mengapa baginya, adapun jika dia mengetahuinya dan tidak lupa, akan tetapi dia remehkan hal itu kemudian sholat maka sesungguhnya sholatnya menurut pendapat yang kuat adalah batil dan wajib baginya untuk mencuci najisnya dan mengulang sholatnya dari baru lagi dan meng qodhonya; yakni di waktu kapan pun sekalipun di waktu terlarang; karena waktu terlarang bukanlah bersifat umum bagi setiap sholat, namun hal itu hanyalah bagi sholat-sholat yang tidak memiliki sebab.
Silsilah fatawa nuur ‘alad darb> kaset no. (21)
__✏ Alih Bahasa: Muhammad Sholehuddin Abu Abduh.
——————————
الصلاة
⇦ صلى وعلى ثوبه نجاسة ناسياً فماذا
يلزمه ⇨
✸ السؤال:
يقول المرسل من الرياض ع ع م:  إلى من يهمه الأمر في برنامج نور على الدرب، السلام عليكم ورحمة الله وبركاته، إذا صلى شخص وفي ثوبه بقعة نجاسة فهل يعيد صلاته وإن كانت أكبر من قرش؟ وهل يصليها في أوقات النهي؟ أفيدوني جزاكم الله خيراً، وأفتوا المسلمين كذلك.
✸ الجواب:
الشيخ: إذا كان ناسياً أن يغسلها أو جاهلاً بها لم يعلم بها إلا بعد صلاته فلا شيء عليه، وصلاته صحيحة لقوله تعالى: ﴿ربنا لا تؤاخذنا إن نسينا أو أخطأنا﴾ هذا الدعاء الذي أرشد الله عباده إليه، قال سبحانه وتعالى: قد فعلت. وبقوله: ﴿وليس عليكم جناح فيما أخطأتم به ولكن ما تعمدت قلوبكم﴾. فإذا صلى الإنسان وفي ثوبه نجاسة أو بدنه نجاسة وهو لم يعلم بها إلا بعد الصلاة أو كان علم بها ثم نسي أن يغسلها قبل الصلاة فصلاته صحيحة ولا حرج عليه، أما إذا كان عالماً بها ولم ينسَ، ولكن تهاون وصلى فإن صلاته على القول الراجح باطلة ويجب عليه أن يغسل النجاسة ويعيد الصلاة من جديد ويقضيها؛ أي في أي وقت كان حتى في أوقات النهي؛ لأن أوقات النهي ليست عامة لكل صلاة، وإنما هي الصلوات التي ليس لها أسباب.
〰〰〰
المصدر: سلسلة فتاوى نور على الدرب > الشريط رقم [21]
الشيخ العلامة ابن عثيمين رحمه الله
<
رابط المقطع الصوتي
http://zadgroup.net/bnothemen/upload/ftawamp3/Lw_021_07.mp3
——————————
WA Ahlus Sunnah Karawang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar